Tag Cloud

Diberdayakan oleh Blogger.
السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

Jumat, 18 Januari 2013

KELAHIRAN NABI MUHAMMAD SAW

Dalam manusia dalam kegelapan dan kehilangan pegangan hidupnya, lahirlah ke dunia dari keluarga sederhana, di kota Makkah, seoorang bayi yang kelak membawa perubahan besar bagi sejarah peradaban dunia. Bayi itu yatim, bapaknya Abdullah, telah meninggal 7 bulan sebelum dia lahir. Kelahiran bayi tersebut disambut gembira oleh kakeknya Abdul Muthalib dengan penuh kasih sayang dan kemudian bayi tersebut di beri nama Muhammad, suatu nama yang belum pernah ada sebelumnya.

Menurut keterangan para ahli, kelahiran tersebut bertepatan dengan taggal 12 Rabiulawal tahun Gajah, atau taggal 20 April tahun 571 M. Adapun sebab tahun kelahiran Nabi dinamakan tahun Gajah, karena pada tahun itu kota Makkah diserang oleh suatu pasukan tentara Nasrani yang sangat kuat dibawah pemimpin Gubernur Yaman yang bernama Abrahah. Gubernur dari kerajaan Abbesina, yang berusaha menghancurkan Ka'bah dan menyerang Makkah menggunakan tentara yang mengendarai gajah. Belum sampai mereka mencapai maksudnya atau tujuannya, mereka sudah dihancurkan oleh Allah SWT dengan mengirimkan burung Ababil yang membawa bibit penyakit sempar, sehingga cerai-berailah mereka. 

Nabi Muhammad adalah keturunan dari Qusay, pahlawan suku Qusay yang berhasil menghancurkan kekuasaan bani Khuzaah atas kota Makkah. Ayahnya bernama Abdullah bin Hasyim bin Abdul Munaf bin Qushai bin Kilab bin Murrah dari golongan Arab bani Ismail. Ibunya bernama Aminahbinti Wahab bin Abdul Munaf bin Zuhroh bin Kilab bin Murrah. Dari sisilah ibu dan ayahnya Muhammad termasuk golongan termuka Qurasy.

Sudah menjadi kebiasaan pada orang-orang arab di kota Makkah, terutama pada orang-orang yang tergolong bangsawan, menyusunkan dan menitipkan bayi-bayi mereka kepada wanita Badui (dusun di gurun pasir) agar bayi-bayi tersebut dapat menghirup udara segar, bersih, dan terhindar dari penyakit-penyakir kota. Hal tersebut juga dimaksudkan agar bayi-bayi tersebut dapat berbicara Arab yang murni dan fasih. Demikian halnya Muhammad beliau diserahkan oleh ibunya kepada seorang perempuan yang baik, Halimastussa'diyah dari bani Saad kabilah Hawazin, tidak jauh dari kota Makkah. Dikampung ini Nabi diasuh dan dibesarkan sampai umur 5 tahun. 
separador

0 komentar:

Posting Komentar

Categories

Followers